Resep Cara Membuat Empe-Empe

Bahan : 
- 1 kg ikan tenggiri / Gabus digiling ( saya pake ikan Pisang2 )
- 3 kuning telur & 1 putih telur ( saya hanya pake 2 putih telur )
- 2 sendok makan terigu dicampur dengan segelas/200cc air panas aduk rata , sisihkan ( ini tips biar pempeknya tidak keras )
- 3 sdm garam halus,
1 sdt penyedap rasa, kalo ga suka ga usah pakai .
- 1 kg sagu tani...** 3/4 kg nya untuk bikin adonan..sisihkan 1/4 nya untuk dibalur di telapak tangan pada saat membentuk pempek 
- 200 cc / 1 gelas air
- Minyak untuk menggoreng. 

Cara membuat :
Campurkan garam, air, penyedap rasa, aduk rata , masukkan ikan, telur, adonan terigu yang sudah dicampur air panas, aduk rata. Tambahkan sagu sedikit demi sedikit, sampai sagu nya habis. Tidak perlu sampai kalis , tidak masalah adonan masih lengket. Karena nanti pada saat membentuk bulatan adonan pempek, telapak tangan kita lumuri dg sagu . 
Didihkan air setengah panci ukuran sedang, kasih 1 sendok makan minyak goreng di air rebusan supaya pada saat merebus, pempeknya tidak lengket. 
Sambil menunggu air mendidih bentuk adonan pempek sebesar jari telunjuk ( orang palembang bilang namanya pempek lenjer )..pempek yang sudah dibentuk susun di nampan plastik, jangan ditumpuk..setelah air mendidih , rebus pempek sampai terapung, angkat tiriskan. Dinginkan. 
Sambil menunggu pempek dingin bikin kuah cuko

KUAH CUKO

- 15 buah cabe rawit, 7 siung bawang putih, garam, haluskan.
Rebus 1 liter air, tambahkan 1/2 kg gula aren, 1 sendok makan asam jawa larutkan dg air buang ampasnya, setelah mendidih masukan cabe rawit dan bawang putih yang sudah dihaluskan. Aduk sebentar. Matikan kompor. Dinginkan kuah cuko..saring buang ampasnya. ( kuah cuko boleh ditambahkan ebi udang kering , dan tongcay ) 

Goreng pempek hidangkan dengan kuah cuko...selesai deh... 

Catatan :
Karena Kami suka aroma daun bawang jd kami tambahkan 2 batang daun bawang diiris tipis2 ke dalam adonan...